Sabtu, 14 Maret 2009

Ngaji





Ngaji adalah istilah untuk belajar agama islam pada ustadz-ustadz pada suatu daerah atau pedesaan. Tempat belajar anak-anak di pedesaan disebut sebagai pengajian atau sitilah modern namany madrasah namun penagajian kalo di dalam bahasa sunda mah eta teh di sebut juga pangajia. Di sana banyak anak-anak berkumpul mempelajari agama islam ilmu salafi yang dibilang ilmu kuno warisan para ulama terdaulu disebut dengan istila kitab kuning, tapi buat saya mah lebih seru lagi mempelajari kitab kuning dari pada kita membaca buku-buku terjemahan kan juga lebi baroka karena kita mempelajarinya langsung dari sumbernya kan orang-orang pengarang (mualif) Kitab-kitab terdaulu terkenal juhud, istiqoma dan ma'rifat. Gua kecil mulai mengaji di suatu pangajian untuk pertama-tama sih gua belajar dulu membaca Al-Qur'an yang dasarnya N'tuh kalo lu mo belajar al-Qur'an dengan mempelajari iqra terlebih dahulu gua yakin diantara loe ada yang ga bisa baca al-Qur'a gimana dong men lu kentinggalan donk ini jaman modern lue nanti di ketawai sama monyet dong jadi loe kalo ga bisa sama sekali m'baca al-qur'an berarti loe kawanya keledai dong, makanya dari sekarang insyaf dong sebelum kamu keburu mati. Kalo loe malu belajar iqranya tinggal conmnect aza gua gratis loe asal loe yang mo aja karena gua kasihan liat loe, men dunia ini sebentar bro jadi loe harus baek-baek tinggal di dunia ibadah kepada-Nya, bukanya gua ceramahin loe tapi gua nasehatin toek diri sendiri kita sama-sama brbenah dirilah. Masa kalah sama gua, gua kecil aza sudah bisa iqra la lho loe uda gede ga bisa baca al-qur'an. Dunia saja tidak cukup Bro! gua akuin loe sekolahnya tinggi, berwawasan luas, menguasai teknologi, anak orang kaya, anak pejabat tapi loe renda dimata Allah SWT men! karena Alla SWT tidak melihat loe anak presiden, anak pejabat, anak konglomerat atau loe kolongmelarat tapi yang dilihat Allah SWT men adalah kadar keimanan dan ketaqwaan loe. jadi sekarang perbaiki kan kita inginya fidunya hasana wafill akhiroti hasana, eh jadi ngelantur. Engga gua cuma ngingetin loe doang, jadi gua waktu kecil n'tuh belajar iqra, Al-qur' dan kitab ilmu fikih seperti Safinah, Tijan Darori, Qotrul Ghoits, Bajuri, tangkihul qaol, dll aja. Suasana waktu n'tu tuh sangat ramai dan seru lagi jadi rugi klo loe ga pernah ngaji deh di situ gua di didik ilmu agama dan anehnya pada waktu n'tu menyenangkan mengapa yah? rasanya gua pengen ngaji terus gua di situ belajar bersosialisasi, berpendapat, mencari teman , bekerjasaman dan toleransi serta kekeluargaan kayak belajar PPKN yah waktu SD waktu Tempoe dulu inget jaman ker ngora. Jadi sekarang menurut gua mah bedaen deeh mana orang yang soleh dan mana monyet yang soleh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver